27 Februari, 2012



Bacaan: I Korintus 12:1-11

Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.- I Korintus 12:7


Apakah saya sedang berhadapan dengan manager atau seorang pimpinan dalam perusahaan? Seorang pemimpin yang lebih banyak memiliki kerut di dahi karena frustasi. Frustasi melihat laju perusahaan yang tersendat-sendat, macet atau bahkan sedang berada dalam kemunduran. Frustasi melihat grafik usaha yang terus menurun. Frustasi melihat semua hal berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
Potongan-potongan puzzle itu harusnya berada di tempat yang tepat, namun sayang hanya karena Anda melihat bentuk potongan puzzle itu cocok, maka Anda dengan sekenanya menempatkannya di tempat yang bukan untuknya. Gambar besar pun jadi berantakan. Seperti itulah kalau kita salah menempatkan orang di tempat kerja. Ingatlah sebuah prinsip yang harus terus berlaku, the right man in the right place, orang yang tepat di tempat yang tepat pula.
Anda menerima orang yang salah dan Anda kesulitan menempatkannya di tempat yang tepat. Ini hal yang sama sekali tidak efektif, tidak produktif dan jauh dari kata “optimal”. Orang yang tidak mau belajar dan berkembang, bersikap tidak jujur, serta suka menebarkan kata-kata negatif dan pesimis tidak akan bisa menemukan tempat yang tepat dalam tim Anda.

Sebenarnya Anda mendapatkan orang yang tepat, namun sayang Anda menempatkannya di tempat yang salah. Anda sedang menciptakan kebingungan bagi dirinya. Anda tak sadar bahwa Anda sedang membuatnya frustasi dengan apa yang sedang dikerjakannya. Tak heran kalau tak ada sedikit kemajuan pun juga yang bisa dicapai. Potensi yang luar biasa tak akan pernah menjadi maksimal jika ia berada di tempat yang salah. Anjing memang bisa renang, tapi komunitas anjing bukan di air. Ia didesain untuk berada di darat. Itulah gambaran kalau Anda salah menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat.
The right man in the right place.

(Kwik)

0 komentar :

Poskan Komentar