17 Januari, 2013


Bacaan: I Timotius 6:7-9

Sebab hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian.- Lukas 12:23


Sepertinya beberapa hari lalu dompet kita masih tebel, kenapa tiba-tiba sekarang tinggal recehan yang tersisa ya? Jangan buru-buru menyalahkan harga barang-barang yang melonjak tinggi dulu. Jangan pula buru-buru menuding bos kita mirip Tuan Crab, ngasih gaji cekak. Ato ortu seperti paman Gober yang minta ampun pelitnya. Jangan-jangan kita sendiri yang terlalu boros membeli ini dan itu. Kalo kita masih juga nggak ngerasa boros, mungkin kita kurang cerdas berbelanja. Apa lagi neh?
Saat kita berbelanja, ada beberapa hal yang musti kita perhatikan. Memasuki mall ato supermarket jangan sampai tanpa strategi. Kenapa? Soalnya pihak penjual juga udah menciptakan strategi khusus untuk merogoh kocek kita sedalam-dalamnya.
Jangan gampang keblinger dengan kata 4 huruf ini. Apalagi kalo bukan SALE? Nggak bisa dipungkiri “sale” membuat mata kita berbinar dan nafsu membeli jadi lebih tinggi. Apalagi kalo sampe salenya heboh banget 50%-70% off! Tapi kalo nggak ati-ati kita jadi membeli barang yang sebenernya kurang kita butuhkan. Perhatikan juga promosi buy 2 get 1 free, bisa-bisa kita terlalu banyak menimbun stok barang di rumah. Kalo ke supermarket, jangan cuma mengarahkan pandangan pada rak tengah. Biasanya supermarket sengaja menaruh barang-barang yang profitnya banyak di tempat itu. Bandingkan dulu harganya dengan produk serupa di rak atas dan bawahnya. Hati-hati juga dengan iklan! Jangan pernah mengharapkan kita bisa jadi sama seperti sang bintang iklan! Nggak usah pula berharap pada undian berhadiah. Probabilitasnya terlalu kecil, girls! Fanatik merk? Wah, yang ini harus diubah kalo nggak kita jadi sulit memilih dan membandingkan dengan produk lain yang nggak kalah bagusnya.
Yang lebih penting dari semua tips diatas sebenarnya adalah pengendalian diri. Cewek yang bijaksana adalah yang bisa mengendalikan keinginannya. Mengatur prioritas itu penting banget. Kita harus bisa belajar mengatur duit nggak hanya untuk hal-hal konsumtif aja. Yang terpenting dari hidup ini bukanlah apa yang kita makan ato pakai doank. Jadi, mulai sekarang tiap kali buka dompet, jangan lupa membuat prioritas dulu, yah!

0 komentar :

Posting Komentar