27 Maret, 2013



Bacaan: I Korintus 1:10-17

supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu ... - I Korintus 1:10



Meski bukan seorang yang hebat dalam bermain catur, saya cukup menyukai permainan ini. Permainan ini sungguh membutuhkan pemikiran yang matang, konsentrasi yang penuh, dan strategi yang bagus untuk memenangkan pertandingan. Kadangkala, sambil bergurau beberapa orang berkata, “Mengapa harus membuang waktu lama-lama hanya untuk memikirkan 'kayu-kayu' ini?” Tapi menurut saya bermain catur memiliki keasyikan tersendiri, sebab kita harus pintar-pintar mengatur dan mengkoordinasi setiap biji catur menjadi satu tim yang solid.
Dalam permainan catur, tidak ada biji catur yang dianggap tidak penting dan tak berharga. Bahkan satu pion kadangkala justru yang menjadi penentu kemenangan. Itu sebabnya setiap biji catur harus tahu posisinya masing-masing dan harus bisa berfungsi secara maksimal. Yang tahu memainkan catur dengan pintar, tentu akan mengusahakan supaya biji-biji catur itu saling melengkapi, melindungi dan bekerja sama dengan baik untuk mempertahankan diri maupun menyerang lawan.
Saya pun berpikir bahwa permainan catur ini sangat mirip dengan sebuah tim. Jika ingin meraih kesuksesan besar maka tidak ada pilihan lain kecuali kita meleburkan diri menjadi satu tim yang solid dan kompak. Hanya dengan cara inilah maka kita semua akan menjadi semakin efektif dan memiliki kekuatan yang berlipat kali ganda dibandingkan dengan kita yang berdiri sendiri-sendiri. Dalam permainan catur, maka kita harus pandai-pandai menciptakan kerja sama yang baik antara raja, menteri, beteng, kuda bahkan sampai pion-pion. Demikian juga sebuah tim akan menjadi hebat, kalau kita bisa bekerja satu dengan yang lain. Jangan sampai kita yang mempunyai posisi “raja” meremehkan dan mengabaikan rekan satu tim kita yang kebetulan mempunya posisi “pion”.
Bagaimana dengan kerja sama kita selama ini dalam satu tim? Apakah kita mampu menciptakan kerja sama yang baik dan solid? Atau sebaliknya kita selama ini terpecah-pecah dan tak memiliki kerja sama yang bagus? Jika demikian, jangan berlama-lama lagi, jangan sampai kita terpuruk dalam kekalahan baru kita menyadari pentingnya kerja tim. Sekarang juga kita harus mulai menyatukan tim menjadi satu koordinasi yang terarah dan yang masing-masing bagian menyadari posisi dan fungsinya dengan maksimal. Selamat bermain!
Jika Anda bisa bermain catur, luangkanlah waktu untuk bermain catur dan seperti itulah seharusnya sebuah tim melakukan kerja sama.

0 komentar :

Posting Komentar