14 Maret, 2013



Bacaan: Roma 12:9-21

Lakukanlah yang baik.- Roma 12:9



Kita selalu fokus dengan hal-hal besar sehingga melupakan hal-hal kecil. Kita ingin langkah besar, dan lupa bahwa kita perlu mengawalinya dengan langkah kecil, Demikian juga halnya saat kita ingin menyatakan sebuah kebaikan. Kita selalu berpikir bagaimana melakukan hal yang besar, spektakuler dan akan selalu diingat sepanjang masa. Akhirnya kita sendiri yang putus asa karena tak mampu mewujudkan kebaikan-kebaikan besar itu. Lupa bahwa untuk melakukan sebuah kebaikan, tak selalu harus dalam skala yang besar atau dengan nilai yang besar, sebab kita sebenarnya bisa mengisi hidup kita ini dengan kebaikan-kebaikan kecil tapi sangat berarti bagi orang lain.
Untuk memberi kepada orang yang membutuhkan, tak harus menunggu diri kita jadi konglomerat dulu. Uang kita yang tak terlalu besar jumlahnya bisa membuat orang lain merasa lebih baik. Untuk bisa melayani Tuhan, tak harus kita menyelesaikan sekolah teologia lebih dulu. Dengan kesederhanaan dan ketulusan hati, pelayanan kita bisa menjadi berkat. Untuk memberi penghiburan, tak harus menunggu kita hebat dalam mengolah kata lebih dulu. Kadangkala kehadiran kita yang tak banyak bicara justru bisa berbicara banyak hal kepada orang yang dalam kesusahan.
Artinya, tak perlu menunggu melakukan kebaikan-kebaikan besar kalau kita bisa melakukan kebaikan-kebaikan kecil. Kebaikan-kebaikan kecil memang sederhana, tapi akan memiliki dampak yang sangat besar. Kebaikan-kebaikan kecil bisa berarti sebuah senyuman atau bisa juga sebuah tepukan di pundak. Bisa berarti rangkulan atau pelukan bagi mereka yang tak pernah mendapatkan kasih. Bisa berarti kita menulis kata-kata sederhana yang membangkitkan semangat dan menghibur. Bisa berarti kita memberikan sebagian kecil milik kita kepada mereka yang terlantar di pinggir jalan. Memberikan bahu untuk bersandar bagi sahabat yang sedih. Berkata terima kasih kepada mereka yang tak pernah dihargai. Memberikan perhatian kepada mereka yang tak pernah diperhatikan. Menelpon orang yang kita tahu sedang dalam kesepian. Membuat orang lain tertawa. Menyimpan iklan lowongan pekerjaan bagi teman Anda yang sedang membutuhkan pekerjaan. Menceritakan tentang Yesus dan memberikan harapan. Menjadi pendengar yang baik. Melambaikan tangan dan tersenyum. Mengunjungi mereka yang tergolek sepi. Dan masih banyak lagi kebaikan-kebaikan kecil yang bisa kita lakukan.
Hari ini putuskan untuk melakukan kebaikan-kebaikan kecil, apapun bentuknya.

0 komentar :

Posting Komentar