27 April, 2013



Bacaan: Mazmur 26:1-7

-



Bagi para pengguna Windows, beberapa waktu sekali kita disarankan untuk melakukan “bersih-bersih” sistem komputer. Salah satunya kita bisa memakai ‘disc cleanup’ yang ada dalam system tools di aksesoris. Fungsi tool ini adalah untuk membersihkan file-file yang dianggap tidak perlu seperti mengosongkan recycle bin, temporary files, juga cache dan cookies. Kegiatan bersih-bersih ini bertujuan untuk meringankan beban memory komputer. Kalo dalam komputer kita terlalu banyak file gak penting dan gak kepake yang enggak pernah dibersihkan, jelas ini membuat kinerja komputer kita jadi berat dan lambat.
Dalam hidup ini kita juga harus secara teratur membersihkan diri. Maksudnya bukan cuma mandi 2 kali sehari ato gosok gigi rutin... ini sih juga udah wajib hukumnya. Selain tubuh kita yang harus dijaga kebersihannya, kita juga perlu ngejaga kebersihan hati dan pikiran kita. Coba cek apa aja yang bisa mengotori dan membebani kehidupan kita.
Dendam, sakit hati, rasa minder, ketakutan, trauma, iri hati, curiga, cemburu, adalah contoh-contoh file sampah yang membuat hidup kita jadi berat. Ngapain sih kita menyimpan dengki, dendam dan kebencian? Mending kalo orang yang bikin kita keqi ngerasa, mereka malahan tetap enjoy aja tuh dengan hidup mereka. Makanya, rugi banget kita menyimpan kejengkelan kepada orang lain. Udahlah lepasin aja. Ampuni kesalahan mereka dengan tulus hati, ingat mereka juga manusia - bisa salah juga kan?
Trus, kalo ada ketakutan akan masa depan, trauma masa lalu, gambar diri yang buruk. dsb. juga harus disingkirkan. Serahkan semuanya itu di tangan Tuhan. Belajar melihat dan mendengar pendapat Tuhan tentang diri kita. Enggak perlu menyesali keadaan diri sendiri sehingga kita jadi minder. Ingatlah bahwa di mata Tuhan kita adalah anak-anak-Nya yang berharga dan dikasihi-Nya. Kalo setiap hari sebelum tidur kita melakukan bersih-bersih hati, dijamin hati kita jadi bersih dan hidup kita pun lebih menyenangkan. Katakan pada Tuhan segala isi hatimu dalam doamu, maka Dia akan meluruskan langkahmu dan membersihkan hatimu.

0 komentar :

Posting Komentar