19 April, 2013



Bacaan: Lukas 16:10-12

Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. - Lukas 16:10


Saya begitu tertarik dengan statement ini, kegagalan tidak terjadi dalam semalam, dan keberhasilan tidak bisa dicapai dalam sehari. Semuanya pasti melewati proses, dan uniknya, kesuksesan besar atau bahkan kegagalan yang fatal selalu diawali dari hal-hal yang kecil. Setia melakukan hal-hal kecil akan menuntun kita kepada kesuksesan besar, sebaliknya mengabaikan kegagalan-kegagalan kecil akan mengakibatkan keruntuhan pada akhirnya.
Hal ini rupanya juga diterapkan dalam pelatihan-pelatihan bahasa, misalnya saja dalam pelatihan bahasa Inggris. Untuk bisa cas cis cus dalam berbahasa Inggris tentu tidak mungkin bisa ditempuh dalam satu hari saja. Secara teori, jika dalam sehari kita mampu menghafal lima kosa kata saja maka dalam setahun kita sudah menguasai hampir dua ribu kata, dan tahun berikutnya berarti kita sudah menguasai hampir empat ribu kata! Harusnya dalam waktu dua tahun kita sudah mahir berbahasa Inggris karena sudah menguasai ribuan kata. Namun pada kenyataannya, meski sudah bertahun-tahun belajar, mengapa kita belum bisa berbahasa Inggris? Jawabannya sederhana, karena kita gagal menghafal lima kosa kata per hari! Ingat, kesuksesan besar selalu diawali oleh hal-hal kecil!
Sebaliknya rahasia kegagalan adalah gagal untuk tersenyum, gagal untuk berkata terima kasih, gagal melewatkan beberapa menit tiap hari untuk berdoa, gagal bertekun dengan hal-hal kecil, gagal membaca buku, gagal menabung dan gagal dalam perkara kecil lainnya. Orang bijak pernah berkata bahwa hal-hal kecil memang sepele, namun setia terhadap perkara kecil adalah hal besar!
Setialah terhadap perkara-perkara kecil sebab perkara-perkara kecil itu juga yang akan memegahkan perkara-perkara besar. Jangan pernah meremehkan atau mengabaikan hal-hal yang kelihatannya kecil, sebab lewat hal-hal kecil itulah lahir hal-hal yang besar. Bukankah semua hal besar yang ada di dunia ini selalu diawali dari hal kecil? Bukankah kesuksesan besar yang kita rasakan juga selalu diawali dari kesuksesan kecil, sebaliknya bukankah kegagalan besar yang kita alami juga diawali dari hal-hal kecil yang terabaikan? Dengan demikian kita sekarang tahu bahwa kunci keberhasilan maupun kegagalan adalah sama, yaitu sejauh mana kita punya cara pandang terhadap hal-hal kecil.
Kegagalan tidak terjadi dalam semalam, dan keberhasilan juga tidak dicapai dalam sehari.

0 komentar :

Poskan Komentar