02 April, 2013



Bacaan: I Korintus 9:24-27

Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarang memukul.- I Korintus 9:26



Dr. Hugh Moorhead, seorang guru besar filsafat di Universitas Northeastern Illinois, pernah mengajukan pertanyaan kepada 250 penulis & cendekiawan terkenal di dunia, “Apakah makna hidup?” Orang-orang yang menjawab ini bukanlah orang sembarangan. Mereka hidup dalam bidangnya masing-masing dan menekuninya secara profesional. Mereka orang-orang yang sangat berpotensi dan orang yang sangat pandai. Apakah jawaban mereka atas pertanyaan itu? Sebagian besar dari mereka memberikan tebakan terbaik, sebagian lagi baru saat itu juga mencoba membuat tujuan untuk hidupnya dan yang lain dengan jujur mengatakan bahwa mereka tidak memiliki petunjuk tentang tujuan hidup.
Bukankah kalau kita mau jujur, banyak juga dari kita yang sampai detik ini masih bingung dengan tujuan hidup kita. Bila ada yang bertanya kita cukup menjawab mengalir saja atau istilah rohaninya ngeflow saja. Padahal sejujurnya kita tidak tahu dan tidak pernah menetapkan tujuan hidup kita. Kita hanya mengikuti hari berganti hari, minggu berganti minggu dan seterusnya. Padahal mau tidak mau kita akan sampai pada suatu titik dimana kita harus menentukan tujuan kita dengan jelas.
Tanpa tujuan yang jelas kita akan kalang kabut dalam menjalani kehidupan ini. Kita tidak akan mempunyai cukup persiapan maupun antisipasi terhadap apa yang akan kita hadapi pada nantinya. Lain halnya bila kita sudah mempunyai tujuan yang pasti. Dapat dipastikan kita akan sangat berhati-hati dan bertindak sebaik mungkin. Misalnya saja Anda adalah seorang atlit profesional dan memiliki tujuan yang jelas di depan sana, maka Anda pun tidak akan sembarangan menjaga kesehatan dan kebugaran Anda. Anda akan menyadari bahwa tubuh Anda adalah aset yang sangat berharga, jadi Anda pun tidak akan sembarang mengkonsumsi makanan atau memiliki pola hidup yang kita tidak sehat.
Apakah tujuan hidup kita? Ini adalah pertanyaan paling mendasar dalam kehidupan yang harus kita jawab. Seandainya kita belum memiliki tujuan hidup yang jelas, pastikan saat ini juga kita mulai memberi lebih banyak waktu untuk merenung, menggali dan meminta Tuhan memberikan petunjuk, sehingga pada akhirnya kita bisa menemukan tujuan hidup yang pasti. Dengan tujuan hidup yang jelas, maka kita akan menjalani hidup lebih maksimal lagi.
Tentukan tujuan hidup Anda, tuliskan itu di tempat di mana Anda setiap saat bisa melihatnya.

0 komentar :

Posting Komentar