15 Mei, 2013



Bacaan: Yakobus 3:13-18

sebab dimana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan ...- Yakobus 3:16



Hati-hati dengan ego kita. Sungguh “mahkluk yang sangat berbahaya” yang ada di dalam diri kita. Jika kita dengan sengaja membangunkannya dan menyerahkan kendali hidup kita kepadanya, saya bisa pastikan seabrek masalah sudah siap menanti kita. Ego tidak akan pernah membawa kita ke jalan yang tepat. Ego tak akan membuat keadaan kita lebih baik, sebaliknya kehancuran dan keterpurukanlah yang diberikannya. Ego kadangkala memaksa kita melakukan hal-hal yang konyol dan kebodohan-kebodohan yang lain.
Yang diperlukan hanyalah meminta maaf, tapi ego memaksa kita untuk berdebat dan membuat luka menganga lebih lebar lagi.
Yang diperlukan hanyalah mendengarkan, tapi ego memaksa kita untuk membuka mulut kita lebar-lebar.
Yang diperlukan hanyalah mengakui kesalahan, tapi ego memaksa kita untuk melirik sosok di samping untuk dijadikan kambing hitam.
Yang diperlukan hanyalah membiarkan si sopir ugalan-ugalan mendahului kita, tapi ego memaksa kita untuk meladeni tantangannya.
Yang diperlukan hanyalah mengucap syukur, tapi ego memaksa kita untuk menggerutu dan menyalahkan situasi yang tak bersahabat.
Yang diperlukan hanyalah meletakkan beban dan menyerahkannya kepada Allah, tapi ego memaksa untuk mengurusnya sendiri.
Ego hanya menghadirkan kesombongan. Merasa diri kuat tanpa orang lain, bahkan tanpa Allah sekalipun. Tidak perlu nasihat. Tidak butuh wejangan. Aku bisa mengatur dan menangani diriku sendiri. Aku bisa berdiri dengan kedua kaki sendiri. Aku punya kekuatan. Aku punya kekuasaan. Aku punya pengalaman. Aku punya kekayaan. Aku punya segalanya. Aku pasti bisa. “Aku” memang menjadi kata favorit bagi ego. Tak sadar bahwa keakuan kita lah yang pada akhirnya menghancurkan diri kita sendiri.
Jangan beri kesempatan untuk ego mengendalikan hidup kita. Biarkan Kristus yang ambil alih kemudi. Kalau Ia yang ambil alih, semuanya pasti beres. Masalah sepelik apapun akan selesai dengan manisnya kalau Kristus yang bekerja. Jadi mengapa mesti ngotot dengan kekuatan sendiri?
Hari ini Anda segera beraktifitas, kepada siapakah Anda memberikan kendali hidup Anda?
Saya tantang Anda untuk menyerahkan kendali kepada Kristus dan bukan kepada ego Anda.

0 komentar :

Posting Komentar