25 Mei, 2013



Bacaan: Efesus 4:29; Amsal 15:2

Tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun ...- Efesus 4:29



Anda seorang pemimpin? Tak peduli Anda pemimpin di tempat kerja, di gereja, di komunitas tertentu, inilah kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin : kata-kata yang membangun semangat tim! Sejujurnya, tak banyak pemimpin yang memiliki kata-kata yang positif bagi timnya. Bukankah begitu banyak atasan yang mengeluarkan kata-kata yang kasar, pedas, dan tak pantas kepada bawahannya ketika ia sedikit saja melakukan kesalahan.
Daripada menasihati, ia lebih suka menghakimi. Daripada menegur dengan lembut, ia lebih suka memaki-maki. Daripada memberikan bimbingan dan dorongan, ia lebih suka mengumpat dan mengeluarkan kata-kata tak pantas. Tak lagi perkataan yang menyejukan, tapi perkataan yang memanaskan hati. Tak lagi perkataan yang membesarkan hati, tapi justru perkataan yang mematikan potensi. Tak lagi perkataan yang positif, tapi justru perkataan yang negatif.
Apakah dengan kata-kata keras nan kasar ini kita berpikir bahwa hal ini akan membuat bawahan atau anggota tim kita berubah? Jangan harap! Yang terjadi justru sebaliknya. Mereka akan terluka, merasa dilecehkan, harga dirinya terinjak-injak dan tak lagi mau mengerjakan dengan sepenuh hati. Mereka akan kehilangan respek terhadap kita, dan tak perlu kaget kalau suatu kali mereka berontak terhadap kepemimpinan kita.
Kualitas perkataan seorang pemimpin adalah perkataan yang tegas namun lembut, yang membangun, yang memberi semangat, dan yang membesarkan hati bagi orang yang mendengarnya. Justru perkataan yang seperti ini akan menegakkan kredibilitas dan menjadikan Anda sebagai orang yang patut menerima respek dari bawahan Anda! Apakah Anda pernah merasakan menjadi bawahan? Perkataan seperti apa yang Anda harapkan dari atasan Anda?
Sungguh bijak kalau kita adalah pemimpin yang melayani atau menjadi pemimpin yang bersikap sebagai seorang pelatih yang memberikan bimbingan dan dorongan untuk menggali potensi terbaik dari bawahan kita. Sikap dan perkataan yang seperti ini justru akan membangun semangat tim dan memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik dan membuat mereka lebih bertanggung jawab.
Pastikan perkataan yang keluar dari mulut Anda adalah perkataan yang membangun tim Anda.

0 komentar :

Poskan Komentar