18 Mei, 2013



Bacaan: Kejadian 2:1-4

karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuatNya.- Kej 2:3



Semuanya perlu istirahat. Sebagai penulis, saya juga butuh istirahat. Hanya karena ingin lebih produktif dan lebih produktif lagi, saya kadangkala memaksakan diri untuk menulis lebih banyak lagi. Tapi bagaimana pun juga saya harus kembali pada kenyataan bahwa saya harus mematikan komputer dan beristirahat. Ketika saya terus memaksakan diri maka yang terjadi adalah tulisan-tulisan saya kehilangan sentuhannya. Terlihat begitu biasa. Kurang menggigit. Garing. Bahkan sebagian besar di antaranya harus dibuang setelah melewati proses pengeditan.
Kita butuh istirahat, apapun profesi kita, termasuk sebagai hamba Tuhan sekalipun. Kalau tidak, bisa dipastikan kita akan terjebak pada kebosanan, keletihan dan apa yang kita kerjakan akan kehilangan sentuhan serta ketajamannya. Ide kita habis. Gagasan kita mandek. Kreatifitas kita mati. Inovasi pun akan berhenti dengan sendirinya. Istirahat bukan lagi pilihan, tapi sebuah kebutuhan! Begitu bijaksananya Tuhan. Ia tahu bahwa manusia bukanlah robot. Ia tahu manusia bisa letih. Itu sebabnya Ia memerintahkan agar satu hari dalam satu minggu dikhususkan sebagai waktu untuk istirahat.
Selentur apapun busur itu, kalau ia ditarik terus menerus, maka busur itu akan patah. Ladang pun membutuhkan waktu istirahat dan sekali-kali harus dibiarkan tidak ditanami. Sekuat apapun sebuah mesin, ia butuh istirahat. Jika mesin yang terbuat dari besi saja butuh istirahat, apalagi kita. Jika kita masih mengajukan beberapa dalih serta alasan, mungkin fakta ini bisa menjawabnya : Enam hari lamanya Tuhan menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh. Jika dunia dan semua tatanan planet tidak ambruk dan tidak kacau pada saat Tuhan beristirahat, maka dunia kita juga tidak akan ambruk pada saat kita beristirahat!
Saran saya, perlambat langkah Anda. Kendurkan semua kesibukan Anda. Anda tidak perlu tergesa-gesa. Rilekslah. Pastikan Anda benar-benar istirahat. Bisnis Anda tidak akan bangkrut saat Anda mengambil satu hari dalam satu minggu untuk beristirahat, percayalah. Nikmati istirahat Anda. Ngomong-ngomong, sudah berhari-hari lamanya saya terus menerus menulis. Jadi saya pun akan segera mematikan komputer dan istirahat.
Rencanakan refreshing yang akan Anda lakukan pada saat hari libur nanti.

0 komentar :

Posting Komentar