22 Mei, 2013


Bacaan: Lukas 10:17-20

Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa untuk menginjak ular dan kalajengking.- Lukas 10:19



Iblis sudah kalah. Senjatanya sudah dilucuti. Ia tak punya kuasa lagi. Kepalanya sudah diremukkan. Sengatnya sudah hilang. Kayu salib menjadi saksi kekalahannya. Tetesan darah Anak Domba menjadi meterai kemenangan Kristus dalam karya keselamatan manusia. Kalau pun iblis seolah-olah masih bisa tampil dengan hebat, itu karena penyamaran dan tipu muslihatnya saja. Tak lebih dari itu!
Sayangnya kita telah dibutakan terhadap kebenaran tersebut. Tak heran kalau kita masih mengira bahwa iblis punya taring tajam dan senjata yang hebat. Kita masih mengira iblis punya kuasa yang luar biasa, lebih dari kuasa yang kita miliki. Seolah-olah iblis punya kuasa untuk menawan kita dalam perbudakkannya lagi. Seolah-olah dengan gampangnya iblis bisa mempermainkan kita. Iblis terlihat begitu besar sementara kita terlihat begitu kecil. Bukannya iblis yang gemetaran melihat kita, justru kitalah yang keder ketika bertemu dengan iblis.
Renungan pada hari ini kiranya membuka mata rohani kita bahwa sesungguhnya iblis sudah dikalahkan dan sekarang berada di bawah kaki kita. Bukankah Yesus berkata, “Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking...” Ular dan kalajengking adalah gambaran iblis, jadi sungguh kita adalah orang yang menang atas semua iblis! Jika hidup kita sudah dimeteraikan oleh darah Anak Domba, maka tidak ada kuasa kegelapan yang bisa menyerang kita.
Bukankah kita sering mendengar kesaksian bahwa mereka yang bermain santet, dukun atau terlibat dalam dunia supranatural mengakui kalau ilmu mereka tak bisa berbuat banyak ketika berhadapan dengan orang yang percaya kepada Kristus? Faktanya memang Yesus sudah mengalahkannya di atas kayu salib dan kita yang sudah dimeteraikan oleh darah Anak Domba hidup memiliki kuasa yang jauh lebih besar untuk menghancurkan kuasa kegelapan. Masalahnya kembali kepada kita. Apakah kita mempercayai bahwa kita sudah menang atas iblis ataukah sebaliknya kita biarkan iblis menipu dan membodohi kita seolah-olah ia masih punya kuasa untuk menyerang kita. Jangan mau diperdaya oleh tipuannya. Jangan juga mau diintimidasi oleh penyamarannya. Percayai Firman Tuhan bahwa kita punya kuasa untuk menang atas setan!
Miliki keyakinan bahwa Anda sudah menang atas setan!

0 komentar :

Posting Komentar