20 Mei, 2013



Bacaan: Yeremia 17:5-8

tetapi buah Roh ialah : kasih, sukacita, damai sejahtera ...- Galatia 5:22



Kita ingin bisa punya belas kasihan mendalam seperti Ibu Teresa, makanya kita berdoa. Kita ingin selalu tersenyum, makanya kita berdoa untuk sukacita. Kita ingin mengalami kedamaian dan rasa tenang, itu sebabnya kita berdoa. Kita ingin seperti orang Samaria yang murah hati, makanya kita minta kemurahan. Kita ingin dikenal sebagai orang baik, makanya kita berdoa supaya menjadi orang baik. Kita ingin menjadi pasangan yang setia, itu sebabnya kita minta kesetiaan. Singkatnya, kita menginginkan sembilan buah Roh Kudus itu, makanya kita berdoa dan minta kepada Tuhan agar Ia mengaruniakannya.
Itu bukan doa yang salah. Saya bisa memastikan bahwa doa yang seperti itu akan didengar dan dijawab oleh Tuhan. Namun jangan kaget jika jawaban Tuhan akan sangat bertolak belakang dari apa yang kita bayangkan sebelumnya. Tuhan akan menjawab doa kita dengan memberikan situasi yang justru berlawanan dari setiap buah Roh Kudus yang kita inginkan.
Mintalah kasih, maka akan datang orang-orang yang akan melukai Anda. Mintalah sukacita, maka Ia akan mengambil apa yang paling berharga dari hidup Anda. Mintalah damai sejahtera, maka Ia akan mengijinkan masalah dan tekanan hidup datang dalam hidup Anda. Mintalah kesabaran, maka yang muncul justru orang yang sangat menjengkelkan. Mintalah kemurahan, maka kita akan dihadapkan dengan sederet daftar kebutuhan yang perlu kita cukupi. Mintalah kebaikan, yang datang justru godaan untuk melakukan hal yang buruk. Mintalah kesetiaan, maka yang datang justru kerlingan dari seorang perempuan nakal. Mintalah kelemahlembutan, maka akan ada konflik yang memancing emosi Anda. Mintalah penguasaan diri, maka godaan demi godaan sedang menanti Anda.
Sesungguhnya, buah Roh tidak terjadi secara instan karena doa kita. Buah Roh dihasilkan lewat sebuah proses yang panjang, sebagai hasil dari kemenangan kita atas setiap pencobaan atau ujian yang datang. Bukankah benar kita tidak akan memiliki kasih sebelum ada orang yang melukai hati kita? Bukankah itu artinya bahwa Tuhan akan memakai situasi yang berlawanan untuk menghasilkan buah Roh? Inginkah kita menghasilkan buah Roh? Hadapilah ujian dan pencobaan yang datang dalam kehidupan Anda.
Hari ini mungkin Anda akan menghadapi ujian hidup. Pastikan Anda bisa menang supaya buah Roh
Kudus makin berkembang dalam diri Anda.

0 komentar :

Posting Komentar