23 Mei, 2013



Bacaan: Mikha 6:9-16

Masakan Aku membiarkan tidak dihukum orang yang membawa neraca palsu ...? - Mikha 6:11



Inilah era persaingan. Banyak produk impor yang masuk ke Indonesia dengan kualitas yang lebih baik dan harga yang lebih murah. Para pelaku bisnis harus berpikir keras bagaimana menyiasati persaingan yang semakin sengit ini. Sayangnya mereka menyiasati hal ini dengan keliru. Agar harga bisa bersaing, banyak yang tergoda untuk mengurangi pelayanan, perawatan dan menurunkan kualitas produk agar biaya produksi bisa ditekan seminim mungkin.
Sebagai pebisnis kristen, kita dituntut untuk bisa cerdik seperti ular supaya bisa tetap eksis di tengah persaingan. Namun jangan lupa bahwa ajaran Yesus tak hanya berhenti pada frase “cerdik seperti ular” saja, melainkan kita juga harus tulus seperti merpati. Cerdik itu harus, tapi jangan lupa bahwa kejujuran itu tetap harus diutamakan. Menyiasati persaingan itu sah-sah saja, tapi jangan sampai kita mengakali konsumen atau pelanggan demi mengurangi biaya produksi.
Setiap kali kita berbisnis, pastikan kejujuran lah yang kita utamakan. Melayani konsumen atau pelanggan kita dengan produk atau layanan seperti yang kita tawarkan. Jika tidak, kita sebenarnya telah berbohong dan tanpa sadar menggunakan “neraca palsu”. Misalnya saja, dalam sebuah produk kita tertulis netto sekian ml, tapi sebenarnya isinya tak sebanyak apa yang kita tulis. Atau kita mengatakan produk kita adalah kualitas satu, padahal sebenarnya produk kita adalah kualitas dua. Dunia melakukan ini, tapi ini bukan berarti kita harus ikut-ikutan melakukannya.
Tuhan tidak akan memberkati bisnis yang dikerjakan oleh tangan yang curang maupun dikerjakan oleh neraca palsu. Bisnis yang tak ubahnya dengan akal-akalan atau membodohi konsumen, pada akhirnya justru akan menghancurkan bisnis itu sendiri. Dengan tegas Tuhan memperingatkan, “Engkau ini akan makan, tetapi tidak akan menjadi kenyang ...” bagi kita yang tidak jujur dan tak memiliki integritas dalam bekerja. Bukankah hal ini juga yang seringkali menjadi batu sandungan bagi orang yang belum percaya kepada Yesus, saat melihat betapa curangnya kita bekerja? Dunia berkata jujur akan hancur, tapi di dalam Kristus jujur justru membawa kemujuran. Di tengah persaingan yang sangat ketat, Tuhan justru akan menyatakan berkatNya yang sangat melimpah jika neraca kita tidak palsu.
Anda akan bekerja pada hari ini? Lakukanlah dengan kejujuran dan pelayanan yang terbaik.

0 komentar :

Posting Komentar