01 Mei, 2013



Bacaan: Yohanes 1:40-42

Ia membawanya kepada Yesus.- Yohanes 1:42


Orang hebat tak harus memiliki nama yang terkenal di dunia. Banyak orang hebat yang namanya tak diketahui dan catatan tentang dirinya juga tidak banyak. Meski ia tidak pernah mendapat medali atau menerima penghargaan, dan meski wajahnya tidak pernah dijepret wartawan untuk dipublikasikan, sepak terjangnya patut dihargai dan diacungi jempol.
Nama Andreas hanya muncul beberapa kali dalam Alkitab. Ia bukan pembicara utama pada hari Pentakosta. Ia bukan seorang penginjil yang spektakuler. Catatan-catatan tentang dirinya begitu sedikit, tetapi itu bukan berarti ia tidak membawa pengaruh apa-apa. Bukankah Andreas lah yang membawa Petrus kepada Yesus? Seandainya Andreas tidak siap siaga, kita tidak akan pernah mendengar nama Petrus dan Petrus mungkin akan tetap menghabiskan hidupnya sebagai nelayan saja. Mau contoh lagi? Siapa yang tahu nama anak kecil yang memberikan lima roti dan dua ikan untuk dibagi-bagikan kepada lima ribu orang? Anak itu sama sekali tidak populer, namun meski tidak populer bukan berarti ia tidak hebat!
Meski kita tidak begitu kenal siapa Anne Sullivan, tetapi usahanya mendidik seorang Hellen Keler yang buta tuli itu membuat kita salut. Menurut saya, Anne Sullivan tak kalah hebat dibandingkan dengan Hellen Keler yang sangat terkenal itu. Masih ada banyak orang hebat yang tak diketahui namanya. Siapa guru Billy Graham? Siapa yang membesarkan nama DL Moody? Siapa yang menyulut dan mengobarkan Evan Roberts menjadi begitu bergairah sehingga ia membawa api untuk terjadinya kebangunan rohani di Wales? Siapa yang mengajar Ibu Theresa tentang kasih?
Menjadi hebat tak harus terkenal! Tak juga harus punya nama yang sudah tenar. Jadilah ayah hebat, lewat didikan Anda munculah seseorang yang akan menggocangkan dunia. Jadilah ibu hebat, lewat rahim Anda lahir orang besar di kelak kemudian hari. Jadilah pemimpin rohani hebat, meski Anda tidak terkenal tapi bukankah menjadi kebanggaan tersendiri ketika melihat anak rohani Anda membawa kebangunan rohani yang dahsyat? Jadilah orang Kristen yang hebat. Orang hebat tak selalu harus terkenal, meski nama Anda tidak dikenal, dunia bisa mengenal Kristus saat melihat Anda!

Menjadi hebat tak harus terkenal!

0 komentar :

Posting Komentar