27 Mei, 2013



Bacaan: Efesus 6:10-20

Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah...- Efesus 6:11



Persenjataan merupakan syarat mutlak dan menjadi faktor penentu kemenangan dalam peperangan. Tak heran kalau setiap negara berlomba-lomba untuk memiliki perlengkapan senjata yang super canggih. Demikian juga halnya di dalam peperangan rohani. Untuk bisa mengalahkan iblis dan segala tipu dayanya, kita harus mengenakan semua perlengkapan senjata Allah.
Satu, ikat pinggang kebenaran. Inilah senjata yang akan melepaskan kita dari perbudakan dosa. Senjata yang akan memerdekakan kita!(Yohanes 8:32) Ikatkan diri kita kepada kebenaran, maka iblis tak akan punya kesempatan untuk menjatuhkan atau memperbudak kita lagi. Dua, baju zirah keadilan. Baju zirah adalah perlengkapan perang untuk menutupi dan melindungi daerah dada. Ini berbicara masalah hati. Dengan bijaknya Salomo berkata, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan karena disitulah terpancar kehidupan.” Kadangkala kita kalah perang hanya gara-gara tidak bisa menjaga hati. Mengijinkan kebencian, kemarahan, iri hati, luka hati, trauma, dll menghancurkan diri kita sendiri.
Tiga, kasut kerelaan memberitakan Injil. Ini serangan telak untuk kerajaan kegelapan. Mengapa? Bisa bayangkan seandainya setiap orang Kristen memiliki tanggung jawab dan beban hati untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang? Empat, perisai iman. Iblis boleh melepaskan panah apinya untuk menyerang kita, tapi selama kita memiliki iman yang kokoh di dalam Kristus, iblis tak akan bisa berbuat banyak. Masalah atau situasi sesulit apapun tak akan pernah membuat kesetiaan dan keyakinan kita akan Kristus menjadi kendor.
Lima, ketopong keselamatan. Perlindungan bagian kepala. Ini berbicara tentang bagaimana kita menjaga pikiran kita dari serangan iblis. Tanpa mengenakan ketopong keselamatan dengan mudah pikiran kita akan diracuni dengan hal-hal yang negatif seperti kesombongan, prasangka yang tidak-tidak, pesimis, stress, keputusasaan, dll. Enam, pedang roh, yaitu Firman Allah. Senjata yang sama, yang pernah dipakai Tuhan Yesus untuk mematahkan serangan iblis saat dicobai di padang gurun. Dengan mengijinkan Firman Tuhan mengakar kuat, kehidupan kita akan ditandai oleh kemenangan demi kemenangan. Semua perlengkapan senjata sudah diberikan kepada kita. Gunakan dan kalahkan musuh!
Awali tiap hari dengan mengenakan semua perlengkapan senjata Allah, karena setiap hari peperangan rohani akan terjadi.

0 komentar :

Posting Komentar