19 Mei, 2013



Bacaan: Matius 6:22-23 ; Mazmur 119:37

Lalukanlah mataku dari pada melihat hal yang hampa- Mazmur 119:37



Saya harus mengingatkan lagi. Hati-hatilah dengan apa yang Anda lihat! Apa yang Anda lihat akan sangat mempengaruhi Anda. Anda tak percaya? Atau bahkan Anda melihat saya sebagai penulis Kristen yang sangat rewel? Supaya Anda sedikit lebih yakin dengan apa yang saya katakan, saya akan coba paparkan fakta-fakta sederhana berikut ini.
Anggap saja satu jam yang lalu Anda makan, lalu apa yang terjadi ketika melihat iklan makanan yang tampak begitu lezat di televisi? Tiba-tiba perut Anda merasa lapar dan minta diisi lagi! Atau Anda melihat seorang yang sedang menguap dan tiba-tiba kita yang sebelumnya tak ngantuk jadi ikut-ikutan menguap. Anda mendengar seseorang sedang terbatuk-batuk dengan suara yang begitu serak dan seketika itu juga Anda merasa perlu membersihkan tenggorokan Anda. Saya juga punya pengalaman menarik tentang hal ini. Ketika saya melihat seseorang yang mengalami kecelakaan dan tulangnya terlihat patah, secara otomatis saya jadi ngilu dan merasa seakan-akan tulang saya lepas dari engselnya.
Apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar akan sangat mempengaruhi kita. Itu sebabnya kita perlu hati-hati dengan perkembangan media yang semakin hebat saja di jaman ini. Kita perlu mewaspadai apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar di televisi. Tak semua tayangan yang disuguhkan merupakan hal yang positif untuk dilihat atau bahkan untuk sekedar dinikmati.
Dan tahukah Anda bahwa iblis bekerja secara luar biasa melalui media ini? Iblis tahu bahwa manusia mudah dipengaruhi dengan apa yang ia lihat dan apa yang ia dengar. Itu sebabnya tayangan acara di televisi membawa pesan-pesan tertentu yang perlu kita waspadai. Tayangan-tayangan tersebut dapat mendorong kita mempunyai persepsi yang sama dengan yang dipresentasikan oleh tayangan tersebut. Bahkan tayangan kartun yang notabene tayangan khusus anak-anak pun sangat sarat dengan pesan kekerasan dan ini juga akan mempengaruhi perilaku anak. Akankah kita biarkan anak kita dididik oleh film-film atau tayangan-tayangan di televisi? Tentu saja tidak, bukan? Tahu kebenaran ini, seharusnya kita makin bijak dan makin hati-hati dengan pengaruh media. Karena kita semua sekarang tahu bahwa manusia ternyata begitu mudah dipengaruhi dengan apa yang ia lihat.
Awasi tayangan yang kita maupun anak-anak kita lihat.

0 komentar :

Posting Komentar